Minggu, 29 Oktober 2017

5 BUAH TROPIS YANG MEMILIKI KHASIAT KESEHATAN BAGI TUBUH KITA


Khasiat Buah-Buahan Tropis

    1. Pisang merupakan buah yang sangat dikenal di Indonesia. Buah ini bisa berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Buah pisang berbentuk lonjong dan biasanya mengumpul dalam satu kelompok yang umum disebut tandan. Pisang memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita diantaranya pisang dapat menjadi sumber tenaga, pembetukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah. Selain itu pisang juga dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mencegah atau pun mengobati berbagai jenis penyakit. Diantaranya, penyakit anemia, tekanan darah tinggi, sembelit, depresi, dan penyakit jantung. 
    2. Pepaya merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dan basah. Pepaya menyerupai palma, bunganya berwarna putih dan buahnya yang masak berwarna kuning kemerahan. Buah pepaya mengandung berbagai jenis enzim, vitamin dan mineral. Buah pepaya juga mempunyai efek terapi yang sangat baik khususnya terapi kecantikan  bagi wanita seperti melangsingkan tubuh, mengencangkan payudara, dan obat awet muda. Selain itu tidak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan namun bagiannya yang lain pun dapat dimanfaatkan mulai dari akar, daun batang, kuntum bunganya, kulit pohon, bahkan getahnya pun memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan tubuh kita.
    3. Rambutan merupakan tanaman yang tumbuh di dataran rendah. Tingginya dapat mencapai sekitar 15-25 M dan memiliki banyak cabang. Di dalam buah rambutan ini tersimpan khasiat obat yang tak ternilai harganya. Khasiat yang ada pada tumbuhan ini diantaranya, kulit buah dari tanaman ini dapat digunakan sebagai penurun panas dan obat disentri. Sedangkan bijinya dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu di dalam buah rambutan itu sendiri terdapat kandungan zat besi, kalium dan vitamin C.
    4. Avokad merupakan buah yang pas digunakan untuk segala hidangan seperti jus, es, pudding, dan masih banyak lahi hidangan yang dapat kita campurkan dengan buah ini. Selain itu nilai gizi yang terdapa pada buah ini tidak kalah dengan buah yang lainnya. Jangan khawatir dengan lemak yang hadir didalamnya sebab lemak itu kebanyakan jenis lemat tak jenuh yang baik bagi kesehatan. Buah ini juga dapat menjadi sumber potasium dan kalium. Kandungan potasium yang terkandung pada buah ini lebih tinggi dari pada pisang. Asupan potasium yang ada dapat melindungi tubuh dari penyakit pembuluh darah seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.
    5. Nangka merupakan tumbuhan yang tergolong sebagai tumbuhan serbaguna. Batangnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan furniture, buahnya dimanfaatkan sebagai makanan olahan, sedangkan daun dan bijinya bermanfaat bagi kesehatan. Khasiat dari buah ini bagi kesehatan tubuh yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata, sebagai antioksidan, anti kanker, untuk memperkuat tulang dan gigi, melancarkan pencernaan, mengatasi hipertensi dan mencegah infeksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar